Textile Engineering

PROUD TO BE PART OF Chemical and Textile Engineering

Jumat, 13 April 2012

BEBRAPA MATERI PENGANTAR TEKNIK TEKSTIL Tahun Akademik 2008/2009 dan 2010/2011

 
BEBRAPA MATERI PENGANTAR TEKNIK TEKSTIL
Tahun Akademik 2008/2009 dan 2010/2011

Jelaskan beberapa serat yang dugunakan untuk industri tekstil ?
a.       Kapas, Kapas adalah serat halus yang menyelubungi beberapa jenis pohon Gossypium (pohon tanaman kapas) tumbuhan yang berasal dari daerah tropika dan subtropika, serat kapas menjadi bahan penting dalam industri tekstil. Kapas bisa dipintal menjadi benang kemudian ditenun menjadi kain, produk dari serat kapas biasa disebut Tenun(baik benang maupun kainnnya)
b.      Coconut Fiber (COIR) merpuakan serat yang diekstrak dari sepet, serat ini biasanya dimanfaatkan oleh Negara India dan Srilangka yang menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat karena produk-produknya membanjiri pasar Internasional seperti Benang, sikat, tali dan sapu.
c.       Rami , adalah tanaman yang serbaguna dan seratnya berkualitas tinggi.
d.      Sisal, merpaukan tanaman famili Agavace, tanaman ini bisa bertahan ditanah yang kering dan cadas, dari daun tumbuhan ini biasanya diambil seratnya untuk bahan pengisi ionpakaiana (bufthing cloth), pembungkus kabel, interior mobill dan tali kapal laut.
e.       Nanas, tanaman yang termasuk bromelia ceace meripakan tanaman daerah tropis dan subtropis yang banyak terdapat di Filipina, Brazil, Hawai, India dan Indonesia. Serat buah  nanas terletak  pada bagian tengah daun, serat ini biasanya diprodusi industri tekstil dalam jumlah yang relatif rendah.
f.       Pohon pisang, Debog, serat daidapat dari batang pohon pisang yang dikelupas kemudaian dijemur dan di masukan kedalam mesin  pemintalan dan keluar dalam bentuk serat yang relatif panjang.
g.      Pohon Bambu, serat bambu yaitu serat baru di industri produk ramah lingkungan telah mulai digunakan dalam hidup sehari-hari kita. Oleh Karena definisi dari eko-tekstil di dunia mulai mencakup semua aspek, maka bahan tekstil yang ramah lingkungan akan menjadi bahan baku utama dalam industri pertekstilan. Maka dari itu perkembangan dari industri eko-teksti memnfaatka pohon bambu sebgai bahan dasar benang yang kemudian du tenun menjadi kain.

4 langkah dalam manufaktur tekstil yaitu : yarn formation, fabric formation , wet processing dan fabricatoin. Jelaskan masing-masing dengan singkat dan jelas..?
a.         Yarn formation (pembentukan benang) dalam proses ini yang dilakukan oleh industri tekstil adalah mempersiapkan bahan baku berupa serat-serat dari alam ataupun buatan manusia yang kemudian dipintal menjadi benang.
b.         Fabric Formation (pembentukan kain) dalam proses ini industri tekstil meluruskan benang-benang yang sudah dipintal, kemudian pemotongan sesuai panjang kebutuhan benang, penenunan/perajutan benang menjadi kain dan preparasi.
c.         Wet procesing (pengolahan basah) dalam proses ini benang yang sudah dirajut atau ditenun menjadi kain diberi warna sesuai kebutuha dan permintaan konsumen dan dengan cara direbus dalam panci besar dengan pewarna hingga warna benar-benar masuk kedalam helainan benang.
d.        Fabrication (pembentukan) dalam proses ini kain yang masih dalam bentuk kain lebar dan sudah berwarna dipoton sesuai ukuran yang dibutuhkan kemudian dijahit susuai produk yang diinginkan seperti celana atau baju hinnga tahap penyelesaiaan dan siap untuk di distribusikan kepada konsumen.
Poskan Komentar